Asa dari Sebuah Kepastian Cinta
Oleh : Sukahar Ahmad Syafi’i

Lagi-lagi gagal, lagi-lagi ditolak, itulah yang aku rasakan selama ini. Kayaknya gak pernah bener nih perjalanan kisah cintaku selama ini. Tiap deket sama cewek, selalu saja gagal, entah karena inilah, karena itulah, pokoknya gak pernah sukses deh, gak tau juga sebab musababnya. Apa jangan-jangan aku ditakdirkan  menjadi Jomblo Forever alias Jomblo seumur hidup nih, wah berabe nih, amit-amit deh.
Kalau dipikir-pikir udah hampir dua tahun ini aku jadi Jomblo. Rasa-rasanya udah gak kepikiran lagi untuk deket sama cewek, mungkin udah kena trauma ditolak cewek stadium 4 nih, jadinya kayak gini deh harus ngejomblo dulu.
Kata orang, punya cewek tuh asyik, gak bakal kesepian, punya temen ngobrol, dan ada yang merhatiin, walaupun tiap hari tanyanya Cuma halo sayang, lagi ngapain hari ini ? ntar kalau udah dibales paling jawabnya oke deh Sayang, Cemungud ea.. dan bla.. bla.. deh. Itu sih asyiknya punya cewek versi orang yang lagi ABG. Tapi bagiku, mendingan ngejomblo aja, mau ngapain aja bebas, semuanya jadi lebih enjoy, tapi kalau punya cewek kayaknya hidup ini ribet banget deh, harus siap sedia kalau si yayang lagi butuh, misalnya aja antar jemput ke kampus atau kerja, mana harus on-time lagi jemputnya, udah kayak sopir taksi atau tukang ojek aja. Belum lagi kalau si yayang mau ulang tahun, tambah ribet aja nih hidup, harus pikir cari kado lah, buat surprise lah, ngajak jalan-jalan ke mana lah.
 Apesnya lagi kalau pas lagi bokek alias gak punya uang terpaksa deh harus cari pinjaman ke sana ke mari, yang pada akhirnya harus rela puasa deh gak makan beberapa hari karena harta karun udah dikuras buat nyenengin hati si Doi. Ah gak tau juga nih, apa semua tipe cewek kayak gitu ya. Tapi yang jelas ngejomblo is the best dari pada punya cewek tapi makan hati.
Aku sempet pernah dengerin ceramah dari seorang ustadz ternama, katanya kalau cari cewek atau pasangan tuh diusahakan cari yang Saleha, yang setia dan yang mau menerima kita apa adanya, dijamin deh gak bakalan nyesel dunia akhirat. Setelah aku pikir-pikir dan aku cerna dengan seksama, nasehat pak ustadz tadi bisa jadi motivasi nih untuk lebih cermat dalam memilih dan memilah pasangan hidup. Tapi dalam perjalanannya di lapangan, ternyata susah juga ya cari cewek seperti kata pak ustadz. Ada sih anak tetangga sebelah, Saleha namanya, tapi kelakuan tuh cewek berbanding 360 derajat sama namanya, dijamin deh bakal gantung diri tuh yang jadi pacarnya. Apa lagi jadi suaminya bisa langsung bunuh diri setelah akad nikah. Serem amat kayaknya tuh cewek.
Bagi jomblo seperti aku ini bicara soal cinta kayaknya gak ada yang istimewa, biasa-biasa aja, datar-datar aja. Ah mungkin karena gak pernah sukses soal cinta kali, jadi sentiment deh sama persoalan cinta.
            “Woe…woe…bangun bro.., udah jam berapa nih ?, masih molor aja. Eh Loe kagak kuliah hari ini” Suara Rizal terdengar keras membangunkanku dengan logat khas betawinya
            “Woe…, ada apa Zal”
            “Wah gile Loe, jam segini masih molor, loe kagak inget hari ini waktunya mata kuliah siapa”
            “Emang nih hari apa Zal” tanyaku bingung
            “ Wah bener-bener bego nih anak, nih hari Rabu, mata kuliahnya Pak Sarpan”
            “ Pak Sarpan kata loe. Wah mati.. gue harus cepat nih, kalau gak masuk bisa kena SP lagi nih”
            “ Udah sana cepet, gue tunggu 5 menit, kalau lebih gua tinggal, nungguin loe bisa-bisa gue juga kena SP nih” gerutu Rizal seraya meninggalkanku
* * *
Siang ini, mata Kuliah paling membosankan beserta dosen terkiler yang ada di Kampus ini telah usai. Para mahasiswa dan mahasiswi bergegas meninggalkan ruangan kuliah. Di antara mereka ada yang sibuk memikirkan bahan dan literature untuk tugas pembuatan makalah mata kuliahnya Pak Sarpan dosen paling kiler di kampus ini. Hanya diriku termenung sindiri di ruangan ini, aku juga tak tau apa sebabnya, hari demi hari kulalui dengan perasaan gelisah dan gundah gulana.
            “Woe, cepat Van, mau pulang kagak Loe” tiba-tiba teriakan Rizal mengagetkanku
            “Wah sialan loe Zal, ganggu orang lagi cari inspirasi aja” Jawabku Kesal
            “haha…Inspirasi dari Hongkong, ngelamun kayak gini dibilang cari inspirasi” ledek Rizal dengan tawa khasnya
            “ Ah, resek loe Zal”
            “ Lah Loe sendiri kenapa akhir-akhir ini Van, bawaannya aneh suka ngelamun lagi” tanya Rizal penuh selidik
            “ gak tau kenapa Zal, aku juga bingung” jawabku sekenanya
            “ Ah, paling lagi galau loe, apa jangan-jangan loe lagi jatuh cinta, haha…, gue bisa nebak dari muke loe Van”
            “ Ah Sok tau loe”
            “ Udeh, kagak usah galau and gundah gulana gitu, entar gue kenalin sama temen-temen cewek gue yang cantik-cantik di jamin deh loe kagak bakal nyesel”
            “ Ah, percuma Zal ujung-ujungnya paling ditolak, kalau gak ya diputusin” Jawabku sekenanya seraya pergi meninggalkan Rizal
            “ Eh mau kemana loe, tungguin gue donk, maen tinggal aje loe” teriak Rizal sambil mengejarku
* * *
“ Gimana bro, sip kan cewek yang kemarin “
            “ Ya..lumayan sih Zal”
            “ namanya Dewi, udeh PDKT aje, apa mau loe gue mak comblangin, haha…”
            “ Ah, gak dulu lah Zal”
            “ Yah nih anak, masih betah aja jadi jomblo, kagak seru tau hidup ini”
            “ ternyata sulit Zal ngilangin problem di hati, terasas sangat sakit, seakan-akan kegagalan itu menghatuiku terus”
            “ Inget Sobat, gagal itu pasti ada, dan berhasil itu bukanlah hal yang mustahil, yang penting maju dulu, masak belum perang udah nyerah duluan, ah cemen loe”
            “ gak tau ah Zal, tapi yang jelas temen loe Dewi beda dari cewek yang lain”
            “ Sip, semangat bro, terus deketin, kalau ada apa-apa hubungi bang Rizal, haha…” jawab Rizal sambil menepuk bahuku
Antara kenyataan dan khayalan, ataukah mimpi dan realita, nampaknya lubang di hati ini mulai ada yang mengisinya, kekosongan jiwa ini terasa sudah ada yang memenuhinya, yang tersisa hanya asa dari pencarian cinta yang tak berujung, mampukah aku menguatkan diriku, hatiku dan jiwaku untuk mengatakan hal ini padanya, ya pada seorang wanita yang baru aku kenal 7 hari yang lalu, ah lagi-lagi aku tak yakin, apakah dia mau menerimaku ataukah malah mencampakkanku, jika mau mau menerimaku, tidak lama lagi pasti dia akan memutuskanku sebagaimana wanita-wanita yang pernah aku dekati sebelumnya. Lagi-lagi virus pesimis dan trauma yang hampir mencapai stadium 4 ini menghantuiku, merusak asa yang hampir sempurna aku bangun, ah sialan virus ini…
Jika benar cinta itu memiliki kekuatan, harapan dan impian. Lalu dimanakah semua itu. Ah lagi-lagi itu hanya khayanku saja. Cinta itu tidak tampak, cinta itu tidak ada, dia hanyalah bunga-bunga tidur yang selalu menghiasi mimpi-mimpi dalam tidurmu, itulah kenyataan dari cinta, dia tidak ada. Lagi-lagi suara keraguan tentang cinta itu menyeruak dalam hatiku.
* * *
Hari ini adalah hari terakhir aku bisa bertemu dengannya. Karena besok dia akan pergi ke Belanda untuk melanjutkan studinya. Ya dia adalah Dewi, nama lengkapnya Dewi Veronica, gadis belanda-indo inilah yang membuat hari-hariku terasa indah dan tidak hampa lagi, dialah yang memberikan harapan dalam hidupku, dan dialah yang membuatku marasa yakin bahwa kepastian dari sebuah cinta itu pasti akan datang. Cintalah yang akan memilih seseorang, bukan sehingga orang itu tak perlu repot-repot mencari-cari cintanya. Kata-kata itulah yang selalu menenangkan hatiku dan memberikanku satu harapan bahwa cinta itu memilih bukan dipilih, dan bahwa cinta itu akan mencari bukan dicari.
            “Hai Dewi, gimana kabarnya”
            “ Baik Zal, sini masuk, aku ambilin minum ya”
            “ Oke, aku mesen kopi anget Wi”
            “ nih kopi anget pesenan kamu”
            “ makasih Wi, wah dari baunya menggugah selera nih, haha…”
            “ loh Zal, kamu kok sendirian, dimana Ervan, katanya mau maen ke tempatku” tanya Dewi penasaran
            “ udah 2 hari dia belum pulang, katanya masih ada talk show di Surabaya”
            “ Oh…, pantes beberapa hari ini gak ada kabar tentang dia”
            “ Hmm, kayaknya ada yang sedih nih”
            “ apain sih, ah ngaco kamu Zal”
            “ Oh ya Wi, besok kamu jadi berangkat ke Belanda”
            “ Ya, rencananya sih, nih juga udah dapet tiketnya”
            “ jam berapa kira-kira ?”
            “ Mungkin sekitar jam 10, ada apa emang Zal”
            “ Kagak, Cuma tanya doank” Jawab Rizal sekenanya
            “ Nih Wi buat kamu”
            “ Apaan nih Zal”
            “ buka aja nanti Wi, tuh dari Ervan, sebelum pergi ke Surabaya di nitipin itu buat kamu”
            “ Wi udah ya, gue langsung cabut ya, udah ada panggilan nih”
            “ Kok buru-buru Zal, baru sebentar duduk, kopinya juga belum diabisin tuh”
            “ hehe… biasa Wi si Yayang udah panggil-panggil nih”
            “ Uh dasar, yaudah hati-hati di jalan ya”
            “ oke Sip”
*  * *
Teruntuk Dewi
Tak banyak hal yang bisa aku berikan padamu Wi, terima kasih atas waktu yang engkau berikan selama ini untukku
Aku gak tau harus memulai dari mana pembicaraan ini, semua yang terjadi berlalu begitu saja. Tapi aku senang bisa kenal dan deket denganmu, walaupun itu teramat singkat
Aku berpikir kalau cinta dan sayang itu adalah suatu yang imposible, suatu yang sulit untuk terjadi. Bahkan aku sempet berpikir, cinta itu tak akan pernah datang dan layak untukku.
Tapi semua itu hilang, ketika aku mulai bertemu dan deket denganmu, engkau memberiku asa dalam sebuah keputus asaan cinta ini, engkau mengatakan bahwa cinta itu mencari bukan dicari dan cinta itu memilih bukan dipilih. Kata-kata itulah yang menentramkan jiwaku hingga saat ini.
Sekali lagi terima kasih Dewi, engkau telah memberiku cahaya dan kekuatan tentang arti cinta. Sekarang tinggal aku pasrahkan asa cintaku dan hatiku kepada Si pemilik cinta. Jika keajaiban tentang cinta itu benar adanya, akan kutunggu jawaban asa cintamu untukku.

Orang yang akan selalu merindukanmu


Ervan

0 komentar:

Posting Komentar